JLPT KUNCI MENDAPATKAN BEASISWA DAN KERJA KE JEPANG

Pada umumnya kegunaan sertifikat JLPT ini bisa digunakan sebagai persyaratan beasiswa study ke Jepang dan untuk bekerja ke jepang
jlpt



JLPT KUNCI MENDAPATKAN BEASISWA DAN KERJA KE JEPANG
Penjelasan Singkat  JLPT(Japanese Language Proficiency Test) seperti TOEFL atau IELTS, hanya saja ini merupakan ujian untuk mengukur kelancaran berbahasa Jepang. Dalam Bahasa Indonesia, ujian ini dikenal dengan istilah UKBJ (Uji Kompetensi Bahasa Jepang) dan dalam Bahasa Jepang sendiri disebut dengan 日本語能力試験'nihongo nouryoku shiken'.

Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (disingkat JLPT) adalah, tes sertifikasi kemampuan bahasa jepang sebagai aturan umum untuk orang yang menggunakan bahasa jepang tetapi bukan penutur asli dari tingkat tertinggi N1 dan sampai tingkat terendah N5. Ujian diadakan di 65 negara termasuk Jepang, ujian diadakan dua kali setahun yaitu awal Juli dan awal Desember (terkecuali di beberapa tempat). Ujian Kemampuan Bahasa Jepang, setiap tahunnya diikuti sekitar 600.000 orang, sebagai ujian bahasa jepang untuk orang yang menggunakan bahasa jepang tetapi bukan penutur asli, dan menjadi ujian yang paling banyak pesertanya.

Ujian ini diatur oleh Japan Foundation, dan diadakan 2 kali dalam setahun: di bulan Juli dan Desember.
 Ujian ini dibagi menjadi 5 tingkatan (dari tingkat paling mudah N5 hingga tingkat paling susah N1):

Level N5
- Mampu menguasai/membaca 100 kanji
-  Mampu menguasai 800 kosakata
-  Mampu memahami kalimat standar jika ditulis dengan hiragana atau kanji sederhana.

Level N4
-  Mampu menguasai/membaca 300 kanji
-  Mampu menguasai sekitar 1500 kosakata
-  Mampu memahami percakapan sehari-hari jika diucapkan lambat serta dapat membaca materi sederhana

Level N3
-  Mampu menguasai/membaca 650 kanji
-  Mampu menguasai 3750 kosakata
-  Mampu memahami artikel Bahasa Jepang yang ditulis dengan kanji yang mudah serta dapat mengikuti pembicaraan Orang Jepang dengan kecepatan normal.

Level N2
-  Mampu menguasai/membaca 1000 kanji
-  Mampu menguasai 6000 kosakata
-  Mampu memahami artikel dengan topik umum serta mengerti percakapan dan berita dengan kecepatan normal

Level N1
-  Mampu menguasai/membaca 2000 kanji
-  Mampu menguasai 10000 kosakata
-  Mampu memahami berbagai macam percakapan dalam situasi tertentu serta dapat memahami perbedaan nuansa dalam suatu pola kalimat jika menggunakan kosakata tertentu.
 Bedanya dengan TOEFL & IELTS, JLPT tidak memiliki bagian speaking/wawancara. Semua soal ujian dalam bentuk pilihan ganda.

ManfaatUjian Kemampuan Bahasa Jepang

UjianKemampuan Bahasa Jepang adalah ujian nasional dan standar pemeriksaan di imigrasi, ini telah diadopsi dalam berbagai ujian sebagai referensi untuk menentukan kemampuan bahasa Jepang. Salah satunya adalah perlakuan khusus dari imigrasi Jepang. Di dalam Perlakuan khusus imigrasi dengan sistem poin untuk sumber daya manusia yang maju, jika mempunyai JLPT N1, dapat menerima perlakuan khusus seperti memperoleh 15 poin dari 70 poin yang diperlukan. Selain itu, bagi dokter yang memiliki izin atau sertifikasi di luar negeri, orang yang telah lulus dari sekolah pelatihan perawat luar negeri, untuk ujian nasional dokter di Jepang, sertifikasi JLPT N1 telah menjadi syarat, Perawat dari Vietnam yang datang ke Jepang Untuk calon pekerja perawatan Berdasarkan Jepang Vietnam EPA (Economic Partnership Agreement), sertifikasi JLPT N3 keatas telah menjadi sebuah kebutuhan.

CiriUjian Kemampuan Bahasa Jepang

Ujian Kemampuan Bahasa Jepang, tidak hanya mengerti berapa banyak tentang tata bahasa kosakata bahasa jepang, tetapi juga memiliki kekuatan untuk menggunakan dengan sebenarnya pengetahuan bahasa (karakter kosakata tata bahasa) 、「bacaan pemahaman membaca)」、「pendengaran pemahaman mendengar)」dan menguji secara keseluruhan untuk mengukur tiga komponen tersebut. Selanjutnya, ujian disediakan dalam 5 tingkat dari N1-N5, tergantung pada kemampuan siswa, sebisa mungkin agar dapat mengetahui kemampuan siswa secara detail. Dan agar tidak keluar hasil yang tidak adil di masa ujian, sistem menggunakan metode pemerataan "nilai berskala" yang telah diadopsi dengan hasil yang akurat.

KEGUNAAN SERTIFIKAT JLPT 

Pada umumnya kegunaan sertifikat JLPT ini bisa digunakan sebagai persyaratan beasiswa study ke Jepang Monbukagakusho (MEXT), persyaratan masuk universitas di Jepang menggunakan biaya pribadi serta sebagai syarat untuk melamar kerja di perusahaan Jepang.

LOKASI UJIAN JLPT DI INDONESIA


Jakarta
Sekretariat Persada/Universitas Darma Persada
T+62(21)864-7373
F: +62(21)869-00241
ME-Mail
Bandung
JLPT Administration Commitee in Bandung
T+62(22)7796388
F+62(22)7796388
ME-Mail
Surabaya
JLPT Administration Commitee in Surabaya
T+62(31)7532809
F+62(31)7532809
ME-Mail
Medan
JLPT Administration Commitee in Medan
T+62(61)8223531
F+62(61)8223531
ME-Mail
Yogyakarta
JLPT Administration Commitee in Yogyakarta
T+62(274)513096
F+62(274)550451
ME-Mail
Padang
JLPT Administration Commitee in Padang
T+62(751)444-660
F+62(751)7055475
ME-Mail
Denpasar
Universitas Udayana
T+62-813-2315-4215
F+62(3612)49458
ME-Mail
Manado
Panitia Pelaksana Ujian Kemampuan Bahasa Jepang, Manado
T+62(431)869121
+62(813)5322-2576
F+62(431)869121
ME-Mail
Malang
JLPT Administration Commitee in Malang
T62)0341-575875/
0812-1654-0647
F62)0341-575822
ME-Mail

Catatan: Hanya Jakarta, Surabaya, Malang dan Semarang yang mengadakan ujian 2 kali dalam setahun: Juli dan Desember. Lokasi lainnya hanya mengadakan tes di bulan Desember.


 WAKTU & BIAYA PENDAFTARAN


Pendaftaran untuk tes JLPT yang diadakan bulan Juli harus dilakukan sewaktu bulan Maret – April, dan untuk tes bulan Desember harus mendaftar sewaktu Agustus – September. Untuk tanggal jelas silahkan hubungi lokasi tes.  

Biaya pendaftaran per tahun 2017 adalah sebagai berikut:

N1 Rp190.000,-
N2 Rp 160.000,-
N3 Rp140.000,-
N4 Rp 120.000
N5 Rp 110.000,-

Untuk informasi harga terbaru, silahkan menghubungi tempat pendaftaran.

  MENDAFTAR SECARA ONLINE

Tahun 2017 ini adalah tahun pertama dimana peserta JLPT dapat mendaftar secara online. Disarankan untuk mendaftar seawal mungkin, karena diberlakukan kuota untuk peserta ujian. Jika kuota telah penuh, maka pendaftaran tidak akan diterima lagi.

Pendaftaran online JLPT di Indonesia dapat dilakukan melalui : http://jlptonline.or.id 

Langkah-langkah melakukan pendaftaran online JLPT adalah :

Langkah 1 : isi dengan benar semua informasi data peserta ujian yang diminta. Jika data sudah diisi semua lalu periksa kembali, selanjutnya klik Confirm

Langkah 2 : segera bayarkan biaya ujian ke nomor rekening bank yang diminta

Langkah 3 : selanjutnya upload slip pembayaran dan pasfoto terbaru. Pada slip pembayaran terlebih dahulu ditulis nama, tanggal lahir, dan level ujian JLPT yang diambil (Langkah 3 harus dilakukan paling lambat dalam sampai 48 jam setelah melakukan langkah 1 . Jika tidak maka proses pendaftaran akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem)

 Cara melakukan langkah 3, upload bukti transfer/payment slip dan upload pas photo :

1. Pilih Update Profile/Upload Payment Slip (tulisan merah) pada halaman My Page
2. Tarik scroll ke bawah hingga menemukan pilihan Upload Photo & Payment Receipt. Kemudian, upload Payment Receipt harap menuliskan Nama Peserta, Tanggal Lahir Peserta dan Level Ujian
3. Terakhir klik Save Change

Pendaftaran online JLPT dinyatakan selesai jika langkah 1, 2, dan 3 sudah diselesaikan. Pendaftaran dinyatakan tidak berhasil jika tidak menyelesaikan semua langkah 1, 2, dan 3 seperti di atas.

 Apabila semua langkah pendaftaran di atas sudah dilakukan dengan lengkap, selanjutnya : 
 - Panitia ujian di kota tempat mendaftar ujian akan memberikan konfirmasi pendaftaran. 
 - Lokasi dan level ujian tidak dapat diubah setelah pendaftaran selesai
 - Biaya ujian yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan
 - Lokasi & waktu ujian diberitahukan melaui situs Panitia ujian di masing-masing wilayah
 - Selanjutnya akan mendapat nomor dan kartu ujian yang bisa dilihat secara online
 - Kartu ujian wajib di print warna oleh Peserta ujian, dan dibawa ketika ujian JLPT pada hari ujian dan wajib membawa kartu tanda pengenal berfoto, seperti : KTP, SIM, atau Paspor

- Harap diperhatikan apabila tidak membawa kartu ujian dan kartu tanda pengenal berfoto, maka tidak diijinkan mengikuti ujian JLPT.

 Mengecek hasil ujian JLPT secara online :
 Untuk mengecek hasil ujian JLPT dapat diakses melalui : http://www.jlpt.jp/e.
 Hasil tes bulan Juli akan dikeluarkan sekitar bulan September, dan hasil tes bulan Desember akan dikeluarkan sekitar bulan Maret.

 Untuk mengecek hasil ujian JLPT ini, diperlukan nomor ujian beserta password yang dibuat ketika pendaftaran online JLPT. Maka simpanlah baik-baik kartu ujian JLPT tersebut. Jika lupa nomor ujian dan password yang terdiri dari 8-digit angka, maka tidak bisa mengecek hasil ujian JLPT secara online.

Brief Explanation of JLPT (Japanese Language Proficiency Test) such as TOEFL or IELTS, only this is a test to measure fluency in Japanese. In Indonesian, this test is known as the UKBJ (Japanese Language Competency Test) and in Japanese itself is called 日本語 能力 試 験 'nihongo nouryoku shiken'.

The Japanese Language Proficiency Test (abbreviated JLPT) is a Japanese language ability certification test as a general rule for people who use Japanese but not native speakers of the highest level N1 and up to the lowest level of N5. Exams are held in 65 countries including Japan, exams are held twice a year, beginning in July and early December (except in a few places). The Japanese Language Proficiency Examination is attended by around 600,000 people each year, as a Japanese language test for people who use Japanese but not native speakers, and become the test of the most participants.

This exam is arranged by the Japan Foundation, and is held twice a year: in July and December.
 This exam is divided into 5 levels (from the easiest level N5 to the hardest level N1):

N5 level
- Able to master / read 100 kanji
- Able to master 800 words
- Able to understand standard sentences if written in hiragana or simple kanji.

Level N4
- Able to master / read 300 kanji
- Able to master around 1500 vocabulary
- Able to understand everyday conversations if spoken slowly and can read simple material

Level N3
- Able to master / read 650 kanji
- Able to master 3750 vocabulary words
- Able to understand Japanese articles written in easy kanji and can follow Japanese conversations at normal speed.

Level N2
- Able to master / read 1000 kanji
- Able to master 6000 vocabulary
- Able to understand articles with general topics and understand conversations and news at normal speed

Level N1
- Able to master / read 2000 kanji
- Able to master 10000 vocabulary
- Able to understand various kinds of conversations in certain situations and can understand differences in nuances in a sentence pattern if using a particular vocabulary.

The difference with TOEFL & IELTS, JLPT does not have a speaking / interview section. All exam questions in the form of multiple choice.

「Benefits」 Japanese Language Proficiency Test

The Japanese Language Proficiency Examination is a national examination and examination standard in immigration, this has been adopted in various examinations as a reference to determine Japanese language skills. One of them is special treatment from Japanese immigration. Inside 「Special immigration treatment with a point system for advanced human resources」, if you have a JLPT N1, you can receive special treatment such as obtaining 15 points from the 70 required points. In addition, for doctors who have permission or certification abroad, people who have graduated from overseas nurse training schools, for national doctor examinations in Japan, JLPT N1 certification has become a requirement, Nurses from Vietnam who come to Japan ・ For prospective workers care Based on Japan Vietnam EPA (Economic Partnership Agreement), JLPT N3 certification and above have become a necessity.


「Characteristics」 Japanese Language Proficiency Test
Japanese Language Proficiency Test, not only understands how much about grammar jepang Japanese vocabulary, but also has the power to use it properly bahasa language knowledge (characters ・ vocabulary ・ grammar) 」、「 reading (reading comprehension) 」、「 pending ( listening comprehension) 」and testing as a whole to measure the three components. Furthermore, the test is provided in 5 levels from N1-N5, depending on the ability of students, as much as possible to be able to find out students' abilities in detail. And so as not to come out unfair results during the exam period, the system uses the "scale value" equalization method that has been adopted with accurate results.

USE OF THE JLPT CERTIFICATE
In general, the usefulness of this JLPT certificate can be used as a requirement for a scholarship to study in Japan Monbukagakusho (MEXT), entry requirements for universities in Japan use personal fees and as a condition for applying for employment in Japanese companies.

JLPT online registration in Indonesia can be done through: http://jlptonline.or.id
 The steps to registering JLPT online are:
 Step 1: correctly fill in all information on the requested examinee data. If the data has been filled in all then check again, then click Confirm

Step 2: immediately pay the exam fees to the requested bank account number
 Step 3: then upload the payment slip and the latest photo. In the payment slip, the name, date of birth, and JLPT test level are written first (Step 3 must be done no later than 48 hours after doing step 1. Otherwise the registration process will be canceled automatically by the system)

 How to do step 3, upload proof of transfer / payment slip and upload passport photo:
 1. Select Update Profile / Upload Payment Slip on the My Page page
2. Drag scroll down until you find the Upload Photo & Payment Receipt option. Then, upload Payment Receipt, please write down the Participant Name, Participant's Birth Date and Exam Level
3. Finally click Save Change

JLPT online registration is declared complete if steps 1, 2 and 3 have been completed. Registration is declared unsuccessful if it does not complete all steps 1, 2 and 3 as above.

 If all the steps listed above have been done completely, then:
 - The exam committee in the city where you register for the exam will provide confirmation of registration.
 - Location and test level cannot be changed after registration is complete
 - Exam fees that have been paid are non-refundable
 - Location & time of the exam notified through the examining committee site in each region
 - Next you will get an exam number and card that can be viewed online
 - The test card must be printed in color by the examinee, and taken when the JLPT exam on the day of the exam and must carry a photo ID card, such as: KTP, SIM, or Passport

- Please note that if you do not carry a test card and photo ID card, you will not be allowed to take the JLPT exam.

 Check JLPT exam results online:
 To check the JLPT exam results can be accessed via: http://www.jlpt.jp/e/. The results of the July test will be released around September, and the December test results will be released around March.
 To check the results of the JLPT exam, an exam number and password are needed when registering online JLPT. Then keep the JLPT exam card well. If you forget the exam number and password consisting of 8-digit numbers, you cannot check JLPT exam results online.


0 comments